July Wrap Up [Bacaan Bulan Juli]

    
    Hai! Nggak terasa banget yah sudah masuk Bulan Agustus aja. Bulan Juli perasaan berlalunya cepet banget. Nggak terasa juga aku sudah baca sekitar sepuluhan buku (Ketahuan gabutnya, wkwk). Mulai dari yang sad ending, happy ending, inspiratif, penuh pesan moral, sampai ada yang nggak habis dibaca. Langsung aja yuk disimak!

1. 86 -Okky Madasari (Online)

source: goodreads
    Meluncur ke TKP, siap, delapan enam!. Kayak di acara TV manaa gitu ya, wkwk. Buku ini menceritakan tentang perilaku kriminal yang dilakukan oleh seorang pegawai di pengadilan bernama Arimbi. Awalnya ia tidak mengerti dengan teman-teman sekantornya yang memiliki gaji yang sama dengan dia tapi memiliki harta yang lebih banyak dari Arimbi. "Udah, pokoknya delapan enam!" kata teman-temannya. yang intinya tau beres. Perlahan, Arimbi mulai mengerti, mencoba, dan terbiasa dengan yang dilakukan ia dan teman-temannya. Sampai akhirnya ia harus tertangkap oleh pihak berwajib dan menjalani masa-masa kelamnya di balik jeruji besi. Tidak sampai di situ, cobaan terus menghampirinya bertubi-tubi. Bagaimana kisah selanjutnya? Tentu ada dalam buku ini.

2. A Cup of Tea -Gita Savitri Devi (Offline)

    Kak Gita adalah seorang youtuber, penulis, dan influencer Indonesia yang tinggal di Jerman. Ini adalah buku biografi pertama yang kubaca di Bulan Juli. Buku ini memuat kisah hidup Kak Gita dari awal, naik turun perjalanan hidupnya, dan bagaimana ia menghadapi permasalahan dari yang sepele sampai yang rumit. Sebelumnya ia juga pernah menulsi buku berjudul "Rentang Kisah" yang saat ini sedang dalam proses pembuatan film. Buat kalian yang mau lihat review lengkapnya klik link ini yaa.

3. Mr & Mrs Writer -Achi TM (Offline)

    Apa yang diceritakan dalam buku ini? yang pasti, sih sesuai judulnya yaitu tentang penulis ya kan? Bermula dari seorang tokoh bernama Ara yang sejak remaja sudah bercita-cita sebagai penulis. Saat itu di tengah perjalanan mengantar hasil yang sudah ia kerjakan untuk lomba menulis, tidak sengaja ia bertemu dengan seorang laki-laki bernama Satria. Mimpinya untuk menjadi penulis buku pun perlahan terwujud saat ia berhasil menerbitkan sebuah buku. Namun, di tengah launching penerbitan bukunya, tidak ada seorang pun yang datang kecuali pria bernama Ragil. Mulai dari situ mereka sering bertemu dan tidak butuh waku lama untuk menikah. Setelah menikah, Ara merasa karier kepenulisannya mulai menurun. Hal itu yang membuat ia menjadi tidak suka dengan Ragil. Apalagi dengan penghasilan Ragil yang berprofesi sebagai tukang kayu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga kecil mereka dengan munculnya jabang bayi dalam perut Ara membuat Ara semakin muak dengan semuanya. 
    Kisah mereka yang seperti gelombang laut (baca: naik turun) membuat pembaca menikmati setiap proses yang mereka jalani. Sudah nulis sepanjang paragraf di atas, tapi ngerasa masih terlalu sedikit menceritakan kisah mereka. Sebenarnya pengin buat reviewnya, tapi karena waktu yang nggak sempat, jadi dibuat di sini aja yaa. Buat yang penasaran sama ceritanya, yuk langsung baca bukunya! 

4. Di Tanah Lada -Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (Online)

source: goodreads
    Latar tenpatnya bukan di lapangan yang penuh dengan lada, tapi artinya sudah dijelaskan dalam buku ini. Yang pasti ceritanya dimulai dari seorang tokoh anak kecil berusia enam tahun bernama Saliva atau yang biasa dipanggil Ava. Ia memiliki kedua orangtua yang sangat berbeda jauh karakternya. Kemudian Ava dan kedua orangtuanya pindah ke sebuah rusun yang sebenarnya tidak layak untuk dihuni, tapi karena alasan dari Papanya mereka terpaksa pindah ke sana. Dari daerah sekitar rusun itulah, Ava bertemu dengan anak laki-laki yang sedikit lebih tua dari dia bernama P. Nama yang sangat unik karena hanya terdiri dari satu huruf. Dalam perjalanan pertemanan mereka, Ava akhirnya memberikan nama yang cocok untuk P dan memiliki arti yang mendalam. Apa nama dan artinya? Bagaimana kisah Ava dan P pada akhirnya? Akhirnya aku sudah membuat reviewnya di sini.

5. Laut Bercerita -Leila S. Chudori (Online)

source: goodreads
    Udah nggak paham lagi, sih sama buku ini. Karena buku ini BAGUS BANGET! akhirnya setelah banyak buku yang kubaca, nemu juga yang bener-bener 'ngena' nggatau kenapa. Buku ini bercerita tentang seorang tokoh bernama Biru Laut. Seorang mahasiswa jurusan filsafat di salah satu universitas di Yogyakarta. Ia masuk dalam organisasi yang membahas tentang buku-buku yang sebenarnya tidak boleh beredar pada saat itu. Kemudian ia dan kawan-kawannya juga ikut dalam aksi pemberontakan di beberapa tempat untuk menentang pemerintahan yang kurang pro rakyat. Aku suka buku ini karena cara penulis menceritakan kisah ini benar-benar sangat menyentuh, seakan kita berada di tempatnya langsung dan menyaksikan kejadian demi kejadian yang mereka alami. ini adalah salah satu contoh peristiwa yang dialami oleh sebagian rakyat Indonesia pada saat itu. Untuk review lebih lengkapnya kalian bisa lihat di sini.

6. The Devil in Black Jeans -Alia Zalea (Offline)

    Dara adalah tokoh utama dalam cerita ini. Ia adalah seorang PA dari Blu, penyanyi opera bersuara merdu dan cantik. Sebenarnya hubungan Dara dengan Blu baik-baik saja, bahkan bisa dibilang sangat akrab. Tapi dengan kehadiran Jo, kakak Blu, di awal pertemuan mereka menjadi perusak suasana. Entah apa yang dipikirkan dalam benak mereka, jika mereka saling bertemu ada saja yang mereka perdebatkan. Dimulai dari hal yang sebenarnya sepele sampai yang serius.Sampai pada satu kejadian yang berhasl mengubah pandangan mereka satu sama lain. Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Yuk langsung dibaca bukunya!

7. Rembulan Tenggelam di Wajahmu -Tere Liye (Offline)

    Akhirnya baca lagi buku karya Tere Liye. Kali ini berjudul "Rembulan Tenggelam di Wajahmu". Bercerita tentang seorang tokoh bernama Rehan atau Ray. Di akhir masa tuanya, tiba-tiba saja ia dibawa oleh seseorang berwajah menyenangkan ke masa lalunya. Dimulai dari masa kecil, saat ia tinggal di pantu asuhan dengan penjaga panti yang sangat galak dan sangat membencinya. Ia hidup berpindah-pindah karena setiap tempat yang ia tinggali selalu ada peristiwa yang sangat ingin ia lupakan. Dari kejadian-kejadian di tempat-tempat itulah banyak sekali pelajaran yang tidak hanya bisa diambil oleh Ray tapi kita juga sebagai pembacanya. Buku yang termasuk tebal itu tidak terasa sudah habis dibaca saking serunya. Bahkan di akhir cerita pembaca dibuat sangat tersentuh oleh kejadian yang dialami Ray.

8. Madre -Dee Lestari (Online)

source: goodreads
    Sebenarnya buku ini berisi kumpulan cerita. Tapi yang kubaca adalah bagian yang sesuai judulnya, yaitu 'Madre'. Cerita ini diawali dengan seorang tokoh bernama Tansen. Bermula dari ia pergi ke Jakarta untuk menghadiri pemakaman yang katanya adalah keluarganya. Tapi ia tidak tahu siapa orang tersebut dan ada hubungan darah apa dengannya. Kemudian ia akhirnya bertemu dengan seorang kakek-kakek di sebuah ruko. Kakek tersebut memberitahu Tansen bahwa ia mendapat sebuah warisan. Tidak seperti yang dipikirkan orang kebanyakan, warisan ini berupa 'biang' untuk adonan roti. 'Biang' tersebut diberi nama Madre oleh pembuatnya (nenek Tansen). Dalam bahasa Spanyol sendiri 'Madre' berarti ibu. Apa yang kira-kira dilakukan Tansen selanjutnya? ikuti kelanjutan kisahnya dalam buku ini.

9. 9 Dari Nadira (Online)

source: goodreads
    Di urutan sembilan ada buku berjudul '9 Dari Nadira'. Honestly, aku baca buku ini karena ingin tahu cerita lain yang ditulis oleh Leila S. Chudori karena sebelumnya aku sudah membaca yang berjudul 'Laut Bercerita' dan dibuat penasaran dengan cerita-cerita lainnya. Sama seperti buku sebelumnya aku nggak baca sinopsis ssama sekali. Jadi langsung aja baca ceritanya. Awal-awal atau mungkin sampai pertengahan cerita masih kurang paham dengan jalan ceritanya. Aku kira buku ini hampir menceritakan apa yang dialami oleh sebuah keluarga dari berbagai sisi. Mulai dari ayah dan ibu Nadira, kedua kakak Nadira, yaitu Nina dan Arya, sampai akhirnya di pertengahan mulai menceritakan lebih jelas tentang tokoh Nadira sendiri. Berawal dari ia masih bayi dan keluarga mereka tinggal di Belanda sampai mereka pindah ke Indonesia dan peristiwa-peristiwa yang dialami masing-masing anggota keluarga. 

10. Ayana Journey to Islam (Offline)

    Ini menjadi buku biografi kedua yang kubaca di Bulan Juli. Buku ini kupinjam dari perpus yang sebenernya nggak nyangka aja udah ada secepet itu karena buku ini baru aja terbit. Dalam review yang sudah pernah kubuat. Buku ini berisi perjalan hidup seorang Ayana dimulai dari ia kecil, bahkan dari pertemuan kedua orangtuanya. Kemudian ia bercerita bagaimana ia mengenal Islam dan sampai akhirnya ia memilih untuk memeluk Islam sebagai agamanya dan bagaimana kehidupannya setelah mengucap syahadat tersebut.

    Itu diaa buku-buku yang aku baca selama Bulan Juli, sedikit lebih banyak dari bulan sebelumnya. Yang terdapat dalam postingan ini nggak cuma buku yang kubaca sampai habis, sebenarnya ada juga buku-buku yang berhenti di tengah jalan karena berbagai alasan.
    Yang pertama berjudul 'Semua Ikan di Langit' dari Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Alasan aku baca buku ini seperti alasan-alasan sebelumnya adalah karena penasaran dengan buku-buku lain yang ditulis Kak Ziggy. Kemudian berhenti di tengah jalan karena nggak sampe dengan fantasi yang diceritakan. Butuh waktu lebih untuk memahami setiap paragrafnya. Intinya buku ini bercerita tentang tokoh, yaitu sebuah bus yang bisa mengetahui perasaan para penumpangnya hanya dengan menginjakkan kaki mereka di lantai bus tersebut. Kemudian ada tokoh lain yang bus tersebut menyebutnya dengan 'Beliau'. Beliau memiliki ikan julung-julung yang dapat keluar dari tubuhnya sesuai perasaan Beliau. Lalu bus tersebut dapat terbang ke langit yang berisi para tokoh-tokoh lain dengan ceritanya masing-masing.
source: goodreads
    Buku kedua yang tidak selesai kubaca berjudul 'Sepotong Hati yang Baru' dari Tere Liye. Alasan aku tidak sampai habis membaca buku ini karena kurang tertarik dengan cerita-cerita yang lain. Jadi hanya membaca 2 cerpennya aja.

    Buku-buku yang aku baca di atas ada yang pinjam dari perpus ada juga yang aku pinjam secara online di Ipusnas. Buat yang masih bingung gimana cara pinjam buku secara online kalian bisa klik link ini yaa. Semua buku-buku ini punya bintang yang sudah aku kasih di goodreads di sidebar sebelah kanan yaa. Hope you like it and happy reading guys!

You can also read:

Comments

  1. Waw, dalam waktu 1 bulan bisa baca 10 buku! Keren sekaliii Andin 😍

    Btw, dari semua buku di atas, belum ada satu pun yang aku baca nih. Wah, ketahuan deh kalau aku masih kurang banyak baca bukunya πŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. Kerenn, sebulan saya cuma habis 3 novel. Hehehe... Tertarik Laut Bercerita dan 9 dari Nadira sepertinya bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! udah bagus banget tuh baca 3 novel
      memang bagus banget karya-karya Kak Leila, aku juga pengen baca yang judulnya 'Pulang' tapi belum ada di Ipusnas, ayuuk semangat teruus baca bukunya!^^

      Delete
  3. Keren kalii ini, banyak buku yg dibaca

    ReplyDelete
  4. Waduh... Keren bangetnish mbk, bisa baca buku sebanyak itu. Kalau emang udah hobi jadi nggak kerasa ya. Malah bawaanya pengen baca terus. Saya dulu juga suka banget baca buku. Eh sekarang kok lebih condong ke hp.
    Tepok jidat deh
    Pengen baca ceritanya mbk ayana....😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bawaannya pengen baca terus, kalo suka baca hp, bisa tetep baca juga loh, di Ipusnas misalnya. Terima kasih sudah berkunjung^^

      Delete
  5. Gimana bisa din baca buku sebanyak ini dalam satu bulan T_T keren keren, teruskan ya. Aku pengin coba lagi baca buku nya tere liye . Buat pemula, mending baca yg mana ya din?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai nisa! aku baca buku karena banyak waktu kosong, jadi yaudadeh baca buku aja, wkwk
      Aku juga sebenarnya kurang tau sih buku buat pemula karena rata-rata buku yang aku baca ini ringan bahasanya kecuali "9 dari Nadira" dan "Semua Ikan di Langit" tergantung juga kamu suka genre apa
      Boleh banget tuh, baca buku yang karua Tere Liye, hehe
      Terima kaish sudah berkunjung Nisaa^^

      Delete
  6. Waaah, itu sih udah banyak banget baca buku sepuluh dalam sebulan😭 Aku baca satu aja gak kelar-kelar. Akhirnya biar aman dan bisa cepet baca aku pilih buku-buku puisi atau ilustrasi yg emang bisa cepat beres hanya dalam waktu satu atau dua jam. Dari sekian buku yg ditulis aku belum baca semuanya, sih, kecuali Sepotong Hati yang Baru sama buku A Cup of Tea. Kalau sepotong hati yg baru baca pas jaman SMA di perpus, hihi. Kalau buku A Cup of Tea ini aku emang tertarik karena isinya bukan novel, purely sudut pandang, jadi bacanya pun gak ada tuntutan untuk memahami tiap karakter dan jalan cerita. Turned out cuma perlu waktu dua jam juga buat baca, jadi aku gak perlu kepikiran ada PR buat namatin satu buku deh.
    Next kamu bakal baca buku apa aja niih? Jadi aku yg penasaran, hahaha.πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Terima kasih responnya, hihi. ngga papa kokk kalo 1 atau 2 buku yang dibaca, lumayan kann, yang penting literasinya rutinn wkwk kalo aku karna gabut jadi yaa biar ga bosen baca ajaa. ini aku lagi baca "cantik itu luka", tapi ga beres" nih bacanya, saking tebel bukunya wkwk tunggu wrap up selanjutnya yaa^^

      Delete
  7. Dari semua buku di atas aku baru baca yang Laut Bercerita aja dan setuju kalau bukunya bagus banget! Padahal sebelumnya belum pernah baca buku historical fiction.
    Makasih buat reviewnyaa. Jadi tertarik baca beberapa buku yang disebutin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Beneran bagus banget kann, sama-samaa, terimakasih juga sudah berkunjung^^, buku apa tuh yang tertarik buat kamu baca?

      Delete

Post a Comment