August Wrap Up

Hai! Nggak terasa banget sudah masuk Bulan September. Perasaan baru kemarin awal Bulan Agustus. Tiba-tiba udah ganti bulan lagi aja. 

Seperti biasa, di awal bulan ini aku akan ngasihtau buku-buku apa aja yang aku baca di bulan sebelumnya. Yuk langsung kita simak di bawah!



1. Cantik Itu Luka -Eka Kurniawan

Source: goodreads

    Sebenarnya aku mulai membaca buku ini dari Bulan Juli lalu, namun, faktor buku yang super tebal menurut aku (500an halaman) dan aku bacanya versi digital, jadi butuh waktu lebih untuk membacanya. Untuk keseluruhan, cerita yang diberikan cukup menarik karena buku ini bercerita tentang kehidupan dari zaman penjajahan Belanda, beralih ke Jepang, sampai Indonesia merdeka dengan seorang wanita bernama Dewi Ayu sebagai tokoh utamanya. Yang unik dari tokoh utama ini adalah sang Dewi Ayu yang menjadi seorang pelacur yang kemudian memiliki 4 orang anak perempuan. 1 dari 4 anak perempuan tersebut terlahir sangat berbeda dari ketiga saudara lainnya.Ia terlahir sangat buruk rupa. Kemudian Dewi Ayu akhirnya meninggal setelah dua belas hari melahirkan anak yang terakhir tersebut.

also read: My Reading Journey Part 1 and 2

        Selain itu, buku ini cukup tebal karena banyak mengisahkan tokoh-tokoh pendamping lainnya. Seperti asala-muasal orangtuanya, kakek neneknya, teman-temannya, bahkan suami dari anak-anaknya. Itu semua diceritakan sangat-sangat detail.

    Buku ini ditutup dengan akhir yang sangat menyentuh, dimana sang anak bungsu yang sangat buruk rupanya mendapat alasan mengapa ia terlahir seperti itu. (Ingin spoiler rasanya)


2. Metafora Padma -Bernard Batubara

Source: goodreads

    Ini merupakan kumpulan cerita pendek yang disusun menjadi sebuah buku. Dimana 'Metafora Padma' menjadi salah satu cerpen yang unik di antara cerpen yang lain. Cerpen ini mengisahkan tentang seorang pria yang bertemu dengan wanita di sebuah pesta temannya. Mereka pun akhirnya berkenalan dan bercerita cukup panjang. Sampai akhirnya sang wanita harus pulang dan pria tersebut bertanya pada teman yang menggelar pesta. Rupanya nama sang wanita tidak dikenal oleh temannya. Bahkan sampai pria tersebut mencarinya di buku tamu, ia tetap tidak menemukan nama wanita yang dicarinya. Lalu siapakah wanita itu sebenarnya?

also read: Pinjam Buku Online? Bisa Banget!

    Secara keseluruhan cerita-cerita ini hampir mirip, baik dari latar tempat maupun suasana. Mengenai pertumpahan darah dengan suasana ngeri yang menyeruak saat membacanya, peperangan, dan kisah-kisah sedih lainnya. Selain itu, kisah-kisah yang diceritakan juga cukup unik, menarik dan belum pernah terlintas di pikiranku sebelumnya. 

    Seperti seorang kakek yang menyembah ulat bulu, seorang penulis yang harus memotong jari-jemarinya supaya bisa mendapat inspirasi dan menjadi penulis terkenal, sebuah rumah yang menjadi tokoh utama dan menjadi saksi perjalanan sebuah keluarga sampai akhirnya harus berpindah tangan ke keluarga lain, serta ada sebuah gelembung yang tiba-tiba saja muncul mengelilingi seorang pria saat ia bangun tidur. Jika orang lain menyentuh sang pria, orang lain tersebut akan merasa masuk dalam gelembuung yang sama.

    Untuk review lebih lengkapnya kalian bisa klik link ini.

3. Cerita Kulkas -Shindy Farrahdiba

Source: goodreads

    Sesuai judulnya, buku ini menjadikan kulkas sebagai tokoh utamanya. Ia menjadi saksi bisu perjalanan sepasang suami istri dari awal banget. Banyak kejadian yang diceritakan oleh kulkas berwarna tosca ini, mulai dari memasak bersama, kebiasaan sang istri menulis pesan yang ditempelkan di kulkas, kebiasaan suami yang lupa, dan kejadian-kejadian kecil lainnya yang sering dihabiskan pasangan tersebut di dapur. Penulis menceritakan isi hati kulkas dengan sangat sederhana, tapi tetap menarik.

4. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa -Alvi Syahrin



    Buku ini bisa menjadi motivasi untuk para pembaca yang merasa dirinya sedang dilanda banyak masalah, yang bingung dalam mencari pekerjaan, untuk para mahasiswa yang sedang mengalami masalah di kuliahnya, dan untuk para pembaca yang sedang berusaha mencari kesuksesan.

    Banyak sekali nasihat yang diberikan penulis, tapi tidak terkesan menggurui, seolah penulis sedang berbicara santai kepada para pembacanya. Aku pun merasakan hal itu. Penulis banyak menceritakan pengalaman yang ia pernah alami sebagai contoh.

also read: Tips Mudah Merawat Buku, Ada Bumbu Dapur!

    Seperti saat berusaha mendapat universitas negeri yang diimpikannya. Namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, dan berakhir dengan masuk universitas swasta. Dari hal yang dialaminya ini, justru ia bisa memberikan inspirasi kepada para pembaca, bahwa kesuksesan tidak hanya diraih mereka yang berkuliah di universitas negeri. Kesuksesan seseorang ditentukan dari diri sendiri, bagaimana kita mau berusaha sebaik mungkin.

    Contoh lain adalah saat ia ingin berkuliah di luar negeri. Ia berusaha semaksimal mungkin agar bisa meraih beasiswa. Karena pikirannya pada saat itu adalah untuk kuliah di luar negeri harus dengan beasiswa kecuali untuk orang-orang yang sangat kaya. Namun, ternyata pikirannya salah saat ia bertemu dengan temannya yang ternyata juga berkuliah di luar negeri tapi tidak dengan beasiswa, melainkan dengan menabung dari usahanya sendiri. 

    Masih banyak lagi pelajaran dan motivasi yang dapat diambil dengan membaca buku ini. Buat kalian yang penasaran, bisa langsung dibaca yaa.

5. Mantappu Jiwa -Jerome Polin Sijabat

Source: goodreads

    Siapa yang nggak tahu Jerome? Itulohh yang punya channel Youtube Nihongo Mantappu. Di antara kalian mungkin ada yang sering nonton videonya? atau bahkan baca bukunya juga? ini merupakan buku biografi ketiga yang kubaca setelah A Cup of Tea dari Kak Gita Savitri dan Ayana Journey to Islam dari Kak Ayana Moon.

    Diawali dengan kelahiran Jerome yang mendekati peristiwa kerusuhan tahun 1998 dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan saat itu. Kemudian dilalui dengan pencarian sekolah untuk Jerome dan kakaknya yang sesuai dengan kondisi mereka. Akhirnya ditemukan juga sekolah yang cocok dengan bantuan beasiswa agar ia tetap bisa bersekolah.

    Kemudian Jerome yang ingin ikut les seperti teman-teman yang lainnya. Namun, lagi-lagi karena keterbatasan ekonomi membuat keinginannya itu harus dipendam. Namun, ibunya tidak kehabisan akal, beliau membelikan Jerome buku-buku latihan soal supaya ia tetap bisa belajar dan tidak tertinggal dengan teman-temannya. Semua itu dibuktikan dengan seringnya Jerome mengikuti berbagai lomba-lomba, seperti matematika.

    Muncul keinginan lain dalam hati Jerome, yaitu bisa kuliah di luar negeri. Ia sadar bahwa kondiri keluarganya saat itu tidak memungkinkan untuk bisa kuliah di luar negeri, maka ia pun berpikir untuk mencari beasiswa. Sejak SMP ia sudah berusaha untuk mencari informasi mengenai beasiswa tersebut. 

    Setelah lulus SMA pun ia mulai mencoba peluang tersebut. Tujuannya adalah dua universitas di Singapura, yaitu NUS dan NTU. Serangkaian tes ia coba dan belum membuahkan hasil yang memuaskan. Akhirnya ia mencoba peluang lain, seperti Malaysia dan Jepang.

    Dengan usaha yang lebih besar lagi dan tidak melupakan Tuhan dalam setiap usahanya. Akhirnya ia bisa diterima di Waseda University, Jepang dengan beasiswa S1! Sebuah kerja keras yang tidak akan sia-sia jika kita mau dan yakin untuk bisa meraih mimpi tersebut, walaupun terlihat sulit untuk diraih. 


    Itu diaa buku-buku yang aku baca di Bulan Agustus tahun ini. Lebih sedikit dari Bulan Juni dan Juli, tapi gapapa, tetap semangat buat baca buku yaa kawan. Happy reading guys!


My Book Review:

Di Tanah Lada karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

86 karya Okky Madasari

Laut Bercerita karya Leila S. Chudori

Jakarta Sebelum Pagi karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye

Comments

  1. Wah, banyak juga buku yang kamu baca bulan ini, Din 🤩.

    Btw, rasanya ku ingin dispoiler lebih untuk isi buku no.1 🤭

    ReplyDelete
  2. Wah, lima buku sebulan. Meski pernah baca empat buku sebulan, tapi tidak pernah nyempil satu yang 500an halaman keatas. Bulan lalu cuma berhasil baca Animal Farm. Bulan ini, saya harap bisa nambah, biar reading challenge saya di Goodreads bisa keisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh tetap semangat baca bukunya, ngga papa kok, sedikit-sedikit nanti membukit hihi

      Delete
  3. Buku-buku Eka Kurniawan memang bagus-bagus ya ceritanya, mba ~ Eniho saya justru penasaran mau baca buku soal Kulkas Tosca, sepertinya akan menjadi buku yang menghangatkan hati saya hihihi. Terima kasih rekomendasinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kak Eno, buku-bukunya Kak Eka emang bagus banget bikin aku tertarik sama judul-judl yang lainnya, yuk-yuk dibaca ceritanya kulkas tosca hihi

      Delete
  4. Banyak banget, saya satu aja ga rampung, masih banyak yang terbungkus rapi dalam plastik

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa nggapapa kok kak, yang penting rutin, tetap semangat baca bukunya^^

      Delete
  5. Kalau agustus ini aku gak ada baca novel sama sekali diin, lagi seringnya baca webtoon sama manga 😂. Btw metafora padma itu aku pernah baca juga, cerita yg paling aku inget itu yg penulis motong jari nya, sedikit suram ya cerpen yg ada di dalam bukunya bang bara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah aku udah lama banget ngga baca webtoon, cerita-cerita di metafora padma memang banyak yang di luar dugaan yaa wkwkw

      Delete
  6. Waaahhh yang cerita kulkas itu kok menarik banget ya, saya lagi suka banget baca-baca tentang perjalanan hidup rumah tangga, rasanya memberi angin segar aja bagi kehidupan dan merasa lebih baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kak cerita kulkas recommend banget buat dibacaa hihiii

      Delete

Post a Comment